Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES

PANDUAN  PENULISAN  NASKAH

JURNAL  ILMU DAN TEKNOLOGI HASIL TERNAK


KETENTUAN UMUM

  1. Naskah untuk publikasi di Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak (JITEK) dapat berupa artikel hasil penelitian, artikel ulas balik (review/mini review), komunikasi singkat dan ulasan (feature).
  2. Naskah belum pernah dipublikasikan pada majalah/jurnal lain.
  3. Penulisan dapat disampaikan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  4. Penulis diminta mengirimkan tiga eksemplar naskah asli beserta dokumen (file) di dalam CD dari naskah tersebut yang harus disiapkan dengan program “Microsoft (MS) Word 2003 – doc”. Penggunaan MS word 2003 dikarenakan pengaturan naskah relatif mudah dan defaultnya berformat .doc dimana pada format ini file dapat dibuka pada Microsoft Word 2007, 2010, 2012 dan 2013.

Redaksi  Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak – Gedung 5 Lantai 5

 Fakultas Peternakan - Universitas Brawijaya Jl. Veteran  Malang 65145

  1. Naskah dalam bentuk file dikirim melalui email  jitek@ub.ac.id
  2. Naskah yang masuk akan melalui penilaian   awal oleh editor, ditelaah oleh penelaah ahli, dan disunting oleh dewan penyunting.

BAHASA

  1. Naskah yang ditulis dalam bahasa Inggris harus diperiksakan atau diperbaiki terlebih dahulu oleh ahli bahasa Inggris sebelum dikirimkan kepada Editor.
  2. Naskah yang formatnya tidak sesuai dengan pedoman penulisan JITEK dan yang ditulis tidak sesuai dengan kaedah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris akan ditolak dan Editor tidak berkewajiban untuk mengembalikan naskah yang bersangkutan.

TATA CARA PENULISAN NASKAH

  1. Template ini dapat dijadikan acuan penulisan untuk mempermudah peneliti yang akan menulis jurnal di JITEK dengan tidak merubah format, ukuran dan tipe huruf. Artikel jurnal diketik dalam kertas A4 dengan lebar  210 mm  dan panjang 285 mm. Ketentuan margin kertas adalah:
  • Bagian atas  3 cm
  • Bagian bawah  3 cm
  • Bagian kiri   2 cm
  • Bagian kanan  1,5 cm

Artikel tulisan terdiri dari dua kolom dengan jarak antar kolom adalah 1 cm.

  1. Sistematika penulisan untuk artikel hasil penelitian meliputi: Judul Bahasa Indonesia, Judul Bahasa Inggris, Nama Penulis, Afiliasi Institusi Penulis, Abstrak Bahasa Indonesia, Abstrak Bahasa Inggris, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima Kasih bila ada, dan Daftar Pustaka.
    1. Susunan Naskah

Susunan naskah dibuat sebagai berikut:

1. Judul artikel

2. Penulis dan afiliasi

3. Abstrak (paling banyak 250 kata)

4. Key words

GAYA HALAMAN

  1. Format paragrap adalah rata kiri dan rata kanan.
  2. Ukuran dan Jenis Huruf

Jenis huruf pada artikel adalah Times New Roman. Ukuran huruf diatur dalam Tabel 1.

  1. Informasi Mengenai Judul dan Penulis
  2. Judul artikel ditulis dengan huruf kapital semua dengan posisi berada ditengah (centered). Dibawah judul artikel adalah judul berbahasa inggris (centered), dimana setiap awal kalimat ditulis dengan huruf kapital kecuali beberapa jenis kata seperti: “a”, “an”, “and”, “as”, “at”, “by”, “for”, “from”, “if”, “in”, “into”, “on”, “or”, “of”, “the”, “to”, “with”.
  3. Nama penulis ditulis secara lengkap dan tidak perlu dilengkapi dengan gelar akademik (contoh Profesor), jabatan posisi pada perusahaan (contoh Direktur), maupun keanggotan suatu organisasi (contoh anggota ISPI).
  4. Informasi mengenai afiliasi penulis harus terdiri dari: Nama Departemen/Jurusan/Program Studi, Universitas/ Perusahaan, Kota, Kode Pos, Negara. Alamat email penulis diperlukan sebagai “corresponding author”.

Tabel 1.  Spesifikasi Huruf pada Kertas A4

Ukuran Huruf

Tipe huruf (Time New Roman)

Huruf Biasa

Huruf Tebal

Huruf Miring

10

Afiliasi penulis, Centerd

 

 

10

Isi dari tabel serta keterangan untuk menjelaskan isi tabel justified

 

 

12

Isi Artikel, justified

Setiap judul bab ditulis kapital semua,

Centered

 

12

Setiap judul tabel dan gambar, justified

Setiap sub bab ditulis dengan huruf kapital diawal kata,

Align left

 

12

Nama penulis, centered

Judul “Abstract”, centered

Isi abstrak, Justified

14

 

Judul artikel, centered

Judul artikel berbahasa Inggris, Centered

  1. Paragrap

           Setiap paragrap diberi ketukan 1,5 cm.

  1. Gambar dan Tabel

Gambar dan tabel ditempatkan di tengah (centered) kolom. Jika gambar dan tabel terlalu besar, maka dapat ditempatkan dalam satu kolom  dan diletakkan dibagian akhir naskah pada halaman terpisah, sehingga informasi dapat terlihat dengan jelas.

Judul gambar diletakkan dibawah gambar, sedangkan judul tabel diletakkan diatas tabel tersebut. Pada saat akan menampilkan tabel atau gambar, berikan pengantar kalimat untuk menjelaskan makna keberadaan dari gambar atau tabel tersebut.

  1. Referensi dan Sitasi

Referensi dan sitasi yang dipakai dalam artikel ini dapat berasal dari penulis Indonesia dan luar negeri. Untuk setiap sitasi yang berasal dari penulis Indonesia, jika terdiri dari 2 penulis maka diberi kata penghubung “dan”, sedangkan dari luar negeri memakai penghubung “and”.

Nama jurnal yang di tulis dalam refrensi harus lengkap (tidak boleh di singkat)

Sitasi yang tediri dari 3 penulis Indonesia atau lebih, maka penulis pertama yang diakhiri dengan “dkk”, contoh: Bunga dkk. (2013) atau (Bunga dkk., 2003). Sedangkan sitasi yang terdiri dari 3 penulis luar negeri atau lebih, maka penulis pertama yang dikhiri dengan “et al” (cetak miring), contoh: Flower et al. (2013) atau (Flower et al., 2013)

 

PEDOMAN PENULISAN

 

JUDUL DITULIS HURUF KAPITAL, TIDAK BOLEH MELEBIHI 20 KATA

 

Judul dalam Bahasa Inggris

Penulis Pertama1, Penulis Kedua2, Penulis Ketiga3

1) Nama Departemen/Jurusan/Program Studi, Universitas/ Perusahaan, Kota, Kode Pos, Negara  
  (Afiliasi penulis pertama)

2) Nama Departemen/Jurusan/Program Studi, Universitas/ Perusahaan, Kota, Kode Pos, Negara
  (Afiliasi penulis kedua)

3) Nama Departemen/Jurusan/Program Studi, Universitas/ Perusahaan, Kota, Kode Pos, Negara
  (Afiliasi penulis ketiga)

Tanggal Diterima, Direvisi, dan Tanggal Layak Penerbitan (Dibuat oleh Tim Editor)

 

ABSTRACT

Abstrak ditulis hanya dalam satu bahasa yaitu bahasa Inggris. Abstrak paling banyak terdiri dari 250 kata yang berisi ringkasan pokok bahasan lengkap dari keseluruhan naskah tanpa memberikan keterangan terlalu terperinci dari setiap bab. Ringkasan pokok berupa tujuan penelitian, metode penelitian secara ringkas, serta hasil penelitian. Hindari penggunaan singkatan.

 

PENDAHULUAN

Bab ini harus memberikan latar belakang yang mencukupi sehingga pembaca dapat memahami dan dapat mengevaluasi hasil yang dicapai dalam penelitian yang dilaksanakan tanpa harus membaca sendiri publikasi-publikasi sebelumnya yang berhubungan dengan topik yang bersangkutan. Gunakan pustaka dengan kebaharuan minimal 5 tahun dari tahun penerbitan JITEK  serta benar-benar dapat mendukung pengungkapan latar belakang yang diungkapakan. Bab Pendahuluan harus berisi latar belakang dan tujuan penelitian. Nama organisme (Indonesia/daerah) yang tidak umum harus diikuti nama ilmiahnya pada pengungkapan pertama kali.

 

Bahan dan Metode 

Bab ini harus berisi informasi teknis yang jelas, sehingga orang lain dapat mengulangi percobaan dengan teknik yang dikemukakan. Jika kondisi khusus diperlukan seperti hal sentrifugasi, berikan informasi yang pasti mengenai merek mesin, model rotor, suhu, waktu pada kecepatan maksimum, dan kekuatan sentrifugasi (dalam x g). Untuk bahan dan metode yang sudah layak digunakan (seperti media dan determinasi konsentrsi protein) cukup dengan menyebutkan pustaka yang diacu. Jika terdapat beberapa teknik alternatif yang sudah umum digunakan maka sebutkan secara singkat kekhasan teknik alternatif yang dipilih. Sebagai contoh, sebaiknya ditulis ”sel-sel dipisahkan dengan perlakuan ultrasonik seperti yang dilaporkan Soeparno (1992)” daripada hanya ditulis ” sel-sel dipisahkan dengan perlakuan seperti yang dilaporkan Soeparno (1992)”. Uraikan secara lengkap jika metode yang digunakan merupakn metode baru. Demikian juga sebutkan dengan jelas jika peralatan, bahan, dan galur mikroba yang tidak umum digunakan. Jika banyak galur atau mutan yang digunakan, sajikan dalam bentuk tabel yang didalamnya berisikan keterangan tentang identitas (nama, kode, nomor koneksi, sumber, dan sifat-sifat (fisiologi atau genetika) yang dimiliki oleh galur, mutan, bakteriofag, palsmid. Sebuah metode dan galur yang digunakan hanya sekali dalam serangkaian percobaan yang dilaporkan dapat diterangkan secara singkat pada bab Hasil atau pada catatan kaki tabel atau legenda gambar.

 HASIL DAN PEMBAHASAN 

            Bab ini berisi hasil-hasil penelitian dan interprestasinya yang disajikan dalam bentuk tubuh tulisan, tabel, maupun gtambar. Hindarkan penggunaan grafik secara berlebihan bila dapat disajikan dalam bentuk tubuh tulisan secara singkat. Batasi penggunaan fotograf, sajikan yang nyata-nyata mewakili hasil penemuan serta hindari pengulangan penyajian metode dan hasil penelitian yang telah diungkapkan pada Bab Penaduluan. Beri nomor gambar dan tabel secara berurutan. Semua gambar dan tabel yang disajikan harus disitasi dalam tubuh tulisan. Gambar dalam bentuk grafik dapat dibuat dengan menggunakan komputer yang hasilnya diprin menggunakan laser atau inkjet printer. Gambar dalam bentuk hitam putih dicetak pada kertas licin berukuran setengah kartu pos. Biaya pencetakan gambar dikenakan pada pengirim naskah.

 

KESIMPULAN

Berisi mengenai kesimpulan dari hasil penelitian dengan tidak mengulangi kalimat pada bagian abstrak. Bab ini juga dapat berisi rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian.

ucapan terima kasih

Bab ini dapat digunakan untuk menyebutkan sumber dana penelitian yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan untuk memberikan penghargaan kepada beberapa instansi atau orang yang membantu dalam pelaksaan penelitian dan atau penulisan laporan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Jurnal:

Song, S. H., Y. H. Cho and J. Park. 2003. microencapsulation of Lactobacillus casei Yit 9018 using a microporus glass membrane emulsification System. J. Food Sci., 68 (1): 195-200.

Buku:

Judoamidjojo, R. M. 1981. Teknik penyamakan kulit untuk pedesaan. angkasa. Bandung.

Bab dalam buku:

Weiss, R. 1984. Experimental biology and assay of RNA tumor viruses. Didalam: Weiss R, Teich N, Varmus H, Coffin J (ed). RNA Tumor viruses. Vol I. New York.: Cold Spring Harbor Laboratory. Hlm 209-260.

Abstrak:

Rusmana I, Hadioetomo RS. 1991. Bacillus thuringiensis Berl. Dari peternakan ulat sutra dan toksisitasnya. Abstrak Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia. Bogor, 2-3 Des 1991. A-26, hlm 26.

Prosiding:

Raffiudin, R, D. Nandika, M. Amir dan N. Sugiri. 1991. Populasi Flagelata pada Usus Rayap Captotermes curvignatus Holmgren dengan Pemberian pakan Tiga Jenis Kayu. Di dalam: Prosiding Seminar Ilmiah dan konggres Nasional Biologi X. Vol 2. Bogor, 24-26 Sep 1991. hlm 482-487.

Skripsi/Tesis/Disertasi:

Cintia, M. 2002. Pengaruh Tingkat Penambahan Madu Terhadap Konsistensi, pH, dan Mutu Organoleptik yoghurt. Fakultas Peternakan. Universitas Brawijaya. Malang

Informasi dari Internet:

Hansen L. 1999. Non-target effect of Bt corn pollen on the Monarch butterfly (Lepipdotera:Danaidae). http://www.ent.iastate.edu/ncb99/prog/abs/D81.html. [Diakses 21 Agustus 1999].

Kesimpulan :

Simpulan dari hasil dan pembahasan dengan mengacu pada tujuan penelitian.  Simpulan berisi simpulan hasil penelitian yang merupakan hasil penelitian secara umum bukan hasil percobaan.

Ucapan Terima Kasih :

Jika ada diberikan kepada instansi/institusi atau perorangan yang berkontribusi dalam pelaksanaan penelitian.

Daftar Pustaka -

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

    1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
    2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
    3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Purchase Printed Version: 150000.00 (IDR)